FUJI FILM
06 Sep 2018

Fujifilm Meluncurkan “FUJIFILM X-T3”

FUJIFILM Corporation akan meluncurkan "FUJIFILM X-T3" (X-T3)

FUJIFILM Corporation akan meluncurkan "FUJIFILM X-T3" (X-T3) sebagai model terbaru dalam Seri X yang dikenal akan kualitas gambar superior dengan teknologi reproduksi warna yang eksklusif. Kamera akan diluncurkan pada 20 September 2018.

X-T3 yang solid dan ringan membungkus sensor yang baru dikembangkan 26.1MP X-Trans ™ , sensor CMOS 4*5 dan mesin pemrosesan gambar X-Processor 4, yang menawarkan kecepatan pemrosesan kira-kira 3 kali lebih cepat daripada model yang terakhir*, untuk mencapai tingkat kualitas gambar tertinggi dan akurasi AF dalam sejarah Seri X. Kemampuan untuk melacak subjek yang bergerak juga telah ditingkatkan dengan kapabilitas mode burst-free**. Kemampuan merekam video yang sudah dikembangkan memenuhi kebutuhan videografer profesional, mendukung perekaman video 4-bit 4K/60fps *4 pertama di dunia*** dengan tonalitas yang kaya dan halus.

Pada 2012, Fujifilm meluncurkan FUJIFILM X-Pro1, kamera digital mirrorless yang menampilkan sensor gambar dan mesin pemrosesan gambar yang dikembangkan sendiri. Sejak itu, perusahaan telah mengejar kualitas gambar dan mobilitas yang lebih besar, memperkenalkan model yang sudah berevolusi satu demi satu guna menjadi pionir pasar kamera digital mirrorless papan atas. X-T3, yang akan diluncurkan sebentar lagi, adalah model generasi keempat dalam Seri X dengan sensor gambar dan mesin pemrosesan gambar yang baru dikembangkan.

* Sepadan dengan mesin X-Processor Pro yang dilengkapi dengan model saat ini

**Mode high-speed continuous bebas dari blackout, di mana ketika jendela bidik blackout, menyebabkan fotografer kehilangan pandangan pada subjek foto. Fitur ini hanya tersedia saat menggunakan rana elektronik.

***Per 6 September 2018. Termasuk dalam kamera digital mirrorless yang dilengkapi dengan sensor APS-C atau lebih besar, menurut data FUJIFILM.

*4 Mampu merekam video 4K yang halus dengan 60 frame per detik, dan juga mampu merekam video dengan warna yang kaya dalam 10bit (satuan kedalaman warna)

* 5X-Trans ™ adalah merek dagang FUJIFILM Corporation atau merek dagang terdaftar.

 

Fitur Utama X-T3

1. Bodi solid dan ringan dilengkapi dengan sensor X-Trans™ CMOS 4 yang baru dikembangkan dan mesin pemrosesan gambar X-Processor 4 berkecepatan tinggi guna menghadirkan ekspresi warna serbaguna dan kualitas gambar tertinggi dalam sejarah Seri X

(1) Bodi X-T3 yang ringkas dan ringan dilengkapi dengan sensor X-Trans CMOS 4 yang baru dikembangkan (ukuran APS-C, tanpa filter low-pass). Ini memungkinkan resolusi 26.1MP, resolusi papan atas untuk kamera digital dengan sensor APS-C dan memberikan kinerja noise-reduction yang sangat baik. Selain itu, sensitivitas ISO160, yang sebelumnya hanya tersedia sebagai perpanjangan ISO, sekarang menjadi bagian dari rentang ISO normal. Ini sangat berguna dalam pemotretan luar ruangan siang hari atau ketika mencoba mencapai bokeh dengan lensa bukaan besar yang cepat.

(2) X-T3 menggunakan mesin pengolah gambar X-Processor 4 yang baru dikembangkan guna menambahkan fungsi "penyesuaian monokrom" baru ke mode Film Simulation yang diproduksi  dengan teknologi hak milik Fujifilm untuk menghasilkan ekspresi warna yang beragam. "Hitam hangat dan hitam dingin," digunakan untuk mewakili warna hangat dan warna dingin ketika memproduksi cetakan B/W dari film perak-halida, telah direproduksi secara digital untuk memperluas cakupan ekspresi monokromatik. Fungsi ini tersedia dalam mode "Monochrome" standar serta mode "ACROS", dikenal dengan nada halus, tekstur hitam pekat dan indah. 

(3) "Color Chrome Effect," yang sebelumnya hanya tersedia di kamera digital mirrorless format sedang FUJIFILM GFX 50S yang dilengkapi dengan sensor besar, ditampilkan dalam X-T3, yang pertama di Seri X. Efeknya menghasilkan warna dan gradasi yang lebih dalam pada subjek dengan warna yang sangat jenuh, seperti bunga berwarna cerah dengan bayangan, subjek foto yang sangat sulit untuk mereproduksi gradasi. Melalui kekuatan pemrosesan kecepatan tinggi dari X-Processor 4, efek ini dapat diterapkan juga dalam mode continuous.

*6Perbandingan dengan X-Trans ™ CMOS III, dibawa dalam model saat ini 

2. Peningkatan AF yang signifikan dalam kondisi cahaya redup atau saat melacak subjek yang bergerak

(1) Sensor X-Trans CMOS 4 memiliki 2,16M phase detection piksel, lebih dari 4 kali dibandingkan dengan model saat ini *6, memperluas area AF phase detection ke seluruh sensor (hampir 100%). AF phase detection yang cepat dan akurat dapat digunakan bahkan dari bagian tengah frame. Batas fokus cahaya rendah juga telah diperpanjang dari -1EV ke -3EV, sehingga memungkinkan untuk menggunakan AF phase detection yang hanya menyala dengan cahaya lilin atau di malam hari.

Lebih lanjut, kecepatan pemrosesan tinggi X-Processor 4 dan algoritma yang ditingkatkan untuk deteksi fase meningkatkan fokus kamera (AF) dan 1,5 kali lebih banyak dari model saat ini *7 untuk mencapai autofokus olahraga yang akurat bahkan ketika memotret yang melibatkan gerakan besar dan tidak menentu. 

  • Kinerja AF face-detection untuk objek yang bergerak telah ditingkatkan dua kali lipat dibandingkan model saat ini *7. AF eye-detection mendukung mode AF-C, mempertahankan pelacakan fokus yang akurat dalam fotografi portrait yang melibatkan gerakan. X-T3 mendapatkan fokus yang akurat dalam situasi yang sebelumnya menantang untuk AF face and eye detection saat memotret seseorang secara langsung. AF face and eye detection juga tersedia selama perekaman video untuk mencapai pembuatan film yang smooth.

* 7 Perbandingan dengan model saat ini seperti FUJIFILM X-T2

3. Pengembangan kinerja jendela bidik elektronik (EVF) untuk meningkatkan kemampuan melacak subjek yang bergerak 

(1) X-T3 menampilkan EVF resolusi tinggi 3,69 juta dot dengan rasio pembesaran tinggi 0,75x. Jeda waktu tampilan hanya 0,005 detik dan kecepatan pembaruan sekitar. 100 fps memastikan tampilan gerakan yang halus, memungkinkan Anda mengidentifikasi gerakan subjek dan posisi fokus dengan tepat. Tidak seperti model sebelumnya, pemotretan beruntun sekitar. 11 fps dengan rana mekanis dicapai dengan bodi kamera saja dan tidak lagi membutuhkan pegangan baterai vertikal opsional, memungkinkan mode burst cepat sambil menjaga berat kamera rendah. 

(2) "Mode Sports Viewfinder" yang baru memudahkan menangkap subjek yang bergerak. Saat menggunakan mode ini, X-T3 memotret subjek di area yang setara dengan 16,6MP (krop 1,25x), tampak di jendela bidik. Ini sangat berguna untuk fotografi olahraga dan fotografi satwa liar, karena Anda dapat memeriksa pergerakan subjek saat masuk ke dalam bingkai. Dengan rana elektronik, kamera dapat memotret frame yang setara dengan 16,6MP (pemangkasan 1,25x) dalam mode burst dengan kecepatan 30fps bebas dari blackout. Kecepatan membaca yang meningkat dari sensor dan kecepatan yang ditingkatkan dari mesin pemrosesan gambar telah memungkinkan untuk memeriksa subjek Anda dalam Live View 60fps yang mulus. Distorsi rolling shutter, masalah khas shutter elektronik, telah banyak berkurang. Selain itu, waktu blackout juga lebih pendek saat menggunakan rana mekanis.

(3) X-T3 memiliki fungsi "Pra-Bidik" *8 baru, di mana kamera mulai memotret adegan ketika tombol rana ditekan setengahnya, dan merekamnya pada saat tombol rana ditekan penuh. Ini berarti Anda tidak akan pernah melewatkan kesempatan foto lagi untuk hasil yang menentukan.

* 8 Hanya tersedia saat menggunakan rana elektronik

4. Desain berorientasi jendela bidik dengan pengoperasian dan pengembangan yang sangat baik

(1) X-T3 meningkatkan operabilitas sambil mewarisi fitur-fitur desain populer FUJIFILM X-T2, contohnya seperti gaya jendela bidik sentral untuk menambah stabilitas, penentuan posisi tombol pada panel atas dan desain pegangan sangat baik yang pas dan nyaman di tangan Anda. Warna standar model baru adalah perak, yang memiliki tampilan lebih klasik daripada warna edisi khusus yang disebut "Graphite Silver" pada model sebelumnya. Penataannya yang mengingatkan Anda pada kamera film tradisional menjadikannya peralatan fotografi yang menyenangkan untuk dimiliki.

(2) Dirancang dengan sangat teliti guna memenuhi operabilitas dan pengembangan sebagai tanggapan atas respon pengguna

• Penyesuaian diopter EVF memiliki mekanisme penguncian, mengharuskan Anda untuk menarik dan memutar kenop diopter untuk membuat perubahan. Hal tersebut mencegah perubahan diopter yang tidak diinginkan saat membawa kamera.

• X-T3 menggunakan panel layar sentuh dengan kontras yang lebih tinggi, sudut pandang yang lebih luas dan operabilitas yang lebih baik daripada model sebelumnya guna memungkinkan operasi intuitif.

• X-T3 mengadopsi beberapa fitur populer FUJIFILM X-H1 seperti tombol top panel / tombol rear panel dan tombol rear command serta sentuhan depan yang nyaman.

• Terminal koneksi untuk perangkat headphone, mikrofon, dan HDMI disediakan pada bodi kamera sehingga semua aksesori yang diperlukan untuk merekam video dapat dihubungkan langsung ke bodi untuk menambah mobilitas dalam videografi.

• Penutup terminal dapat dilepas, menyuguhkan akses mudah saat memasang kabel HDMI / mikrofon / headphone atau saat menggunakan rig video.

• Terminal USB mendukung spesifikasi USB Type-C (USB3.1 Gen1). Baterai Anker * 9 dapat terhubung untuk secara signifikan meningkatkan jumlah maksimum frame per pengisian daya dan durasi maksimum perekaman video. 

* 9 Anker adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Anker Innovations Limited atau perusahaan terkait.

5. Performa video luar biasa yang memenuhi kebutuhan videografer profesional

(1) Ini adalah kamera digital mirrorless pertama di dunia yang mampu merekam video 4K/60fps pada sub-sampling 4:2:0 dengan 10 bit ke dalam kartu SD di badan kamera. Ini juga merupakan kamera digital mirrorless pertama di dunia dengan APS-C atau sensor yang lebih besar yang mampu menghasilkan output video 4K/60fps HDMI pada sub-sampling 4:2:2 dengan 10 bit untuk informasi warna yang lebih besar. Format pendukung video dalam perekaman kartu SD termasuk H.264/MPEG-4 AVC yang banyak digunakan serta H.265/HEVC untuk kompresi data yang lebih besar. Ini memungkinkan penggunaan bitrate 200Mbps tinggi dalam merekam video 4K/60fps pada sub-sampling 4:2:0 dengan 10 bit, serta perekaman video secara simultan pada perangkat HDMI yang terhubung dan kartu SD dalam kamera. Opsi kompresi video yang tersedia adalah ALL-Intra *10, yang memprioritaskan kualitas gambar, dan Long GOP, yang memberikan tingkat kompresi lebih baik. Saat menggunakan ALL-Intra, video direkam pada 400Mbps * 11.

(2) Kecepatan membaca sensor sekitar 1,5 kali lebih cepat daripada model saat ini * 7, yang memungkinkan pembacaan cepat 17msec dari video 4K/60fps. Distorsi rolling shutter telah dikurangi untuk perekaman subjek yang bergerak cepat dengan lebih halus. Kemampuan kamera untuk kedalaman warna 10-bit meningkatkan jumlah informasi warna sebanyak 64 kali dibandingkan dengan 8-bit depth, yang digunakan pada model sebelumnya. Ini dikombinasikan dengan 400% (sekitar 12 pemberhentian) rentang dinamis untuk menangkap bahan bergradasi kaya, seperti lansekap matahari terbenam 

(3) X-T3 mengadopsi proses reduksi noise terbaru yang memiliki level peningkatan akurasi pengidentifikasi noise untuk performa reduksi noise yang sesuai, serta fungsi 4K inter-frame NR* 11 terbaru, yang menggunakan data diferensial antara frame yang berdekatan untuk mengurangi noise. Kombinasi keduanya meningkatkan noise menjadi ISO12800 pada sekitar 2 stop. Selain itu, sensitivitas minimum untuk mengambil rekaman F-log, yang menggunakan gamut warna yang lebih luas untuk memungkinkan pengeditan warna / kecerahan, telah diperluas dari ISO800 ke ISO640, yang memenuhi kebutuhan videografer.

(4) Selain fungsi yang disebutkan di atas, X-T3 akan, setelah menerapkan pembaruan firmware yang akan dirilis pada akhir 2018, mendukung perekaman video dalam Hybrid Log Gamma (HLG), salah satu format yang didefinisikan dalam standar internasional ITU -R BT.2100. Sebagai respon untuk masukan pengguna, pembaruan firmware juga akan memberikan X-T3 kemampuan untuk secara bersamaan menampilkan video Simulasi Film dan rekaman F-log. 

* 10 Tersedia saat menggunakan H.265/HEVC dan merekam pada 4K/29.97fps, 25fps, 24fps, 23.98fps, FHD / 59.94fps, 50fps, 29.97fps, 25fps, 24fps, dan 23.98fps. Tidak tersedia ketika memilih H.264.

* 11 Tersedia pada 4K/29,97fps, 25fps, 24fps, dan 23,98. Saat merekam pada 400Mbps, pastikan untuk menggunakan kartu SD dengan kelas kecepatan video 60 atau lebih besar.

Nama produk : Kamera digital FUJIFILM X-T3
Tanggal rilis: 20 September 2018 
Harga eceran yang disarankan: Harga terbuka

Artikel Terkait

Lihat Semua
Fujifilm X-T100 akan menjadi sahabat terbaik Anda di setiap saat

Fitur Produk

Fujifilm X-T100 akan menjadi sahabat terbaik Anda di setiap saat

Lihat Detil